Sabtu, November 15, 2014

Trend Ayam Birma

(Tulisan ini saya tulis pada Juni 2012, saat masih bingung ayam birma, saat masih belajaran, jadi mungkin dengan perkembangan jaman bisa aja tulisan ini sudah tidak relevansi dengan keaadaan sekarang, ini adalah kondisi waktu sy belum paham ayam baru mengenal birma tapi belum bisa beli,mahal ga kepalang waktu itu)

Di awal tahun 2012 sampai pertengahan 2012 ayam burma atau ayam birma meledak, booming di berbagai tempat. dimulai dengan burma reverse/atret/backward dan timpuk sebagai ciri khas, sebetulnya burma masuk indonesia bukan tahun ini atau tahun kemarin, tapi sudah beberapa tahun yang lalu atau disbut burma klasik, tampilan warna dan style tarung agak sedikit berbeda antara burma klasik dan burma yang sekarang 2012 sedang meledak, ini adalah versi cak sapari yang di tulis di saparifarm.blogspot.com, kata kawan saya, soalnya saya belum mampu membeli
Ayam Birma adalah jenis ayam dari negara Myanmar dahulu disebut birma, dan dikembang biakan di dan ternak dgn berbagai jenis oleh orang Thailand dan diadu disana tren disana, sehingga nyampai jua lah di Indonesia, Ayam Birma yang terkenal dengan Daya serang. daya serbu yang luar biasa, pukulan mranggal, sawat, tampar, pukulan ujung, timpuk dengan jalu ganasnya membuat orang terkagum kagum dan terkesan, patuk cepat, tidak mau dikuasai, bisa melepaskan tekanan lawan, tidak mau belit, belum lagi ditambahi solah atret/revrese/backward/mundur tidak mau belit/lengket saat hendak di tempel lawan dengan tujuan tetep tarung dengan jarak yang cukup untuk melempar sawatan ke kepala dan bagian vital lawan..

youtube diatas adalah Contoh salah satu Calon Pejantan kami,Jitsu, memang tidak bagus bagi bapak2..#rapopooooo Ayam Birma yang tidak mau belit/melepaskan tekanan dengan cara atret atau lari menjauh dan selalu menjaga jarak agar selalu lawan ada di depan/membawa lawan selalu di depan sasaran tembak tipam si birma

kata orang: Ayam Birma efektif jika melawan ayam BK kontrol/berdiri,ayam teknik, atau juga ayam model lock/kunci/ngalung dia ga mau mukul kalo ga nguasai lawan atau kalo posisinya dah enak baru mukul yg   pada intinya ayam butuh jarak dekat tempel baru bisa melepaskan pukulan, ngejar terus si burma,agar bisa nempel, sedang si burma atret/backward /mundur-mundur jaga jarak sambil lempar pukulan timpuki sana sini. jadi si Ayam Teknik ngejar burma sambil di timpuki(kira kira begitu kata orang, dalam bayangan orang2)  untuk ayam birma tertentu biasanya tidak melawan jika di kunci/lock lehernya dia tidak melawan dan menarik mundur pindah kanan kiri... otomatis lepas,teknik kunci/ ngalung akan efektif jika si lawan juga ngelawan/neken keatas(adu kuat leher) sedang si birma kalo di lock di lepas memundurkan kepala dna cepat naik.cuman pindah leher, makanya di youtube kadang kita lihat ayam teknik seperti ayam bego ketemu ayam birma
 Tapiii.......ada juga si birma kelihatan bego lawan ayam non-birma,  tp ini tidak berlaku bagi semua birma berarti maen begitu... birma maen turun-turun (ngeleler) juga banyak gannn.....liat aja di youtube,dan harganya tetep sekian sekian jutaan,,,,,,,,(ini harga ketika saya nulis 2012, ga tau skrg)  jadi tidak ada yg bisa tidak menjamin bahwa semua birma bermain model yg sama, sama seperti bangkok, ada banyak macam model main bangkok,bangkok tidak selalu teknik ngalung, tidak selalu lock, tidak ada yg singkap bongkar,meluk, ambil dari belakang, begitu juga birma tidak selalu atret, ada banyak macamnya, toh yg di butuhkan cepat merobohkan dan meng KEOK kan lawan, betul tidak??? apapun caranya


Ayam burma 2012 warnanya cenderung seperti ayam Indonesia asli/ayam jawa, corak, ukuran, hampir sama persis,atau mirip ayam hias serama/kate, misal warna kemiri, kuning, teyeng, abang sapi,klawu kethek,putih kuning,emas, kaki ijo, wido kebon,wido kobot dll...  ukurannya kecil 5 - 6,5 sekitar berat 2,4kg - 2,9 kg, dan ada juga diatas 3ya2Kg, namun jika punya ayam ukuran 7 tulang bagus gaya tarung masih nimpuk nimpuk/mranggal khas burma itu bisa jadi adalah sebuah masterpiece. bisa menghasilkan body bangkok maen birma susah sekali.apalagi kombinasin

Burma meledak, semua orang berburu pada saat itu bahkan harganya GILA, Namun kenayataan jauh dari harapan, api jauh dari panggang. kata praktisi(pemain) Undangan Jawa Timur waktu saya menulis artikel (2012) ayam birma banyak berguguran, tumbang, digulung kayak tikar seperti pernah di bahas di forum komunitas pecinta ayam aduan Indonesia,  memang ada yang menang tp banyak yg kalah. itu kan di zona TOP laen daerah laen perkembangan tren, jg yg terjadi di Jatim tidak  bisa di jadikan rujukan.tapi skali lagi ayam kalah sama ayam tidak bisa bilang bahwa ini kalah sama ini menang sama ini dsb, kadang ayam import pun kalah sama ayam lokal, dan itu sering terjadi/sudah biasa kan???

Prediksi kekalahan burma bisa macem-macem tergantng dari mana omongan itu berasal, kalo dari peternak yang punya burma mungkin bilang, mungkin burma nya jelek, atau burma jadi jadian, salah gandeng, dll.. tapi dari praktisi di lapangan pasti punya pandangan lain dengan peternak, karena kepentingan lain, yang satu menjaga image burma agar terus saleable, yang praktisi bicara apa yang terjadi dilapangan. sekalipun saparifarm.blogspot.com punya burma di ternak di rumah tp saya tidak berusaha menjaga image burma, burma bagus tapi saat ini ada yg lebih bagus di arena. dan sebagai catatan saja: Semua ayam turun arena kalang pasti ayam bagus. ga ada ayam jelek, birma memang punya jalu bagus tapi ayam jenis lain jg punya kelebihan tersebut/jalu jg bagus,jalu ulet, birma bagus? perfect? ada... susah nyarinya + rasanya harganya sangat mahal pastilah diatas 25jt bahkan sampai 50, birma jelek turun turun??? TIDAK SUSAH NYARINYA!!!

Itulah ilmu getok tular, dari mulut ke mulut... dimana orang hanya mendengar konon katanya..katanya2... jika sudah turun di arena sendiri pasti tau model apa yg di butuhkan...  sayangnya di arena/kalang yg berlaku: siapa kuat dia menang, tak perduli trah strain apa...
saat ini booming style ini, besok ada penawar style ini, main ayam tak ada habisnya ayam kalah sama ayam. dan anehnya orang orang banyak yang latah... banyak orang mencari burma atret ga mau di tempel, kaki kecil, padahal fakta dilapangan tak sedikit yang berakhir dengan pahit, ayam kalah dengan ayam. ayam juara  rekor 10x win, pun kadang ketika apes tetep aja kalah sama ayam rekor 0 win.

Tren ada awal pasti ada akhir, seperti tren-tren ayam sebelumnya Saigon misalnya, intinya jangan anti untuk mengganti materi jika anda punya ternakan kecil2an dirumah, birma menjadi tren pasti ada alasanya, dan invest bukan barang aneh di dunia ayam aduan, para pembaca dan pengunjung yang budiman saparifarm.blogspot.com, jangan mengorbankan segalanya demi ayam, santai saja dan nikmati sebagai hobi, dan bagi praktisi kayaknya lebih tahu apa yang terjadi di lapangan. tak perlu diajari, tak perlu ngajari bebek berenang, tulisan ini sy tujukan kepada newbie kayak saya yg dulu sempet kecebur terperosok dan tersesat hehehehehehehe ... gpp kan???

tren dan minim pengetahuan saat ini berubah menjadi senjata bagi orang-orang dan spekulan, dan ada yg lebih menyedihkan tentang tren burma di masyarakat yg kurang tahu: "CUMA AYAM BIRMA YANG BISA NGALAHIN AYAM BANGKOK" atau ada orang cari birma mengeluh karena kalah terus, dan mau ngalahin ayam bangkok kawanya, makanya cari birma.... sungguh mengenaskan berita yang tidak sepenuhnya benar ini,  jika di rasa cerita dari pemain/praktisi di rasa kurang meyakinkan ada baiknya di coba senidiri, karena birma menangan banyak birma kalahan juga banyak.

Jenis Birma
apakah penting jenis2 birma? jenis mengalahkan kualitas? sepeti diketahui jenis istilah birma masih simpang siur, maklum ini kan Indonesia.. begitulah... diluar sana ada birma jenis birma gostan lebih dikenal dgn gaya tarung atret mundur reverse misalnya(masih blm fix), burma rambong, burma kradungtong, dan paling aneh burma kaisar (entah siapa yg bikin ini hehehehe), bagi cak sa pa ri bima itu type maen, ada yang maen berdiri nimpuk2 sambil sesekali menurunkan kepala nya lalu naik lagi jika kesulitan pindah leher (ini saya dan konco2 nyebut MAGON, soalnya mungkin liat maen kayak saigon berdiri2 aja badan besar, tp nimpuk hahahahahaa istilah aneh), ada gaya maen seperti TARIAN ULAR, ada juga yg mau lengket tp jg melepaskan pukulan keras curian dgn ambil jarak utk nimpuk, ada juga yg ga mau lengket selalu jaga jarak(ga mau berkelit) selalu ada caranya utk menghindar, ada juga gaya lari, kuda lari lalu balek nimpuk depanan,
tapi inti dari birma yg ga boleh hilang adalah NIMPUK depan keras akurat, dibagian rahang, paruh, mata telinga(kepala vital). tempel jadi, bahkan ga perlu matuk untuk melepaskan pukulan,
saya sendiri bagemana???? saya?? saya tidak menggunakan istilah2 asing diatas, saya cukup simpel dgn mendiskripsikan maenya seperti orang orang sebelum saya memakai istilah untuk ayam Bangkok (BK) atau dengan menampilkan vidionya, beres.... terserah yang beli

toh di ayam Bangkok ada juga jenis LEUNG HANG KAO, dan Pradu Hang Dam tapi orang orang di Indo jarang menyebut jenis kedua diatas, cukup dgn mendeskripsikan gaya tarung, misal BK ngalung, BK kanan kiri jalan, BK kontrol, BK silem, dsb....

Gunting-Batu-Kertas (jgn dipercaya)
dan Jangan mempercayai Cerita Gunting batu kertas, ayam bangkok (bk) kalah sama ayam birma, birma kalah sama ayam pakhoy, ayam pakoy kalah sama ayam bangkok bk, itu sangat menyesatkan,... FAKTANYA: Banyak AYAM BANGKOK(BK upgrade,bk modern) ngalahin Birma, seperti cerita di Arena Undangan Tretes 3 minggu yang lalu (september awal buka), ayam birma atret full masih kalah dengan Bangkok upgrade,.. nahhhh belum lagi cerita tahun 2012 lalu birma di gulung kayak tikar

Bukan berarti ayam Birma itu ayam Tren saja, pasti ada alasan kuat kenapa orang orang kelas PRO pakai burma, nyari birma pada saat itu,ya... pasti ada alasan yang sangat kuat, saya saat ini masih mempertahankan burma utk keperluan ternak. Birma yang original di arena PRO, kadang banyak yang menang, jadi kalo ada yang bagus ya di pakai bos...,,, jangan takut, kalah menang itu kita menang jeli dan nasib saja, seperti kita ketahui, ayam birma punya spesial di timpukannya dimana timpuk jalu pasti masuk telak, di jalunya, mukul telak di saraf, "beracun", bahkan ketika sudah lemes, pukulan tetep tidak berkurang tenaga dan efeknya. memang betul di Indonesia adalah type naked Heel (los Jalu) dimana ayam tarung secara alamiah seperti dialam, tidak ada pembungkus jalu/taji, ayam yang punya jalu ulet itulah pemenangnya. ga peduli teknik sebagus apa,ayam sekali pukul masuk telak, maka berikutnya lawan akan nurut/ngikut, dan jurus lawan jadi 0, hilang.... jadi kehadiran ayam jalu/taji semacam birma dan campuranya kadang di butuhkan.

kata sebagian orang: birma masih di butuhkan keperluan crossing, utk perbaikan kerja patuk dan jalu dan speedcserta depan cepat, tp tetep di silang sana sini,tp ingat BIRMA tidak menggaransi bakal sukses,yaaaap TIDAK ADA GARANSI SUKSES, bisa jadi keluar ayam kecil kecil ukuran 4... buat apa? buat hiasan? diarena pasti nyengkrek 6-10? lebih baik sedekah ke panti asuhan gan!!!! dpt pahala, kita di doain rejeki lancar sama anak yatim... ya kan?. cape cape rawat 7 bulan cuman jd hiasan,atau jadi bangga banggan biar punya ayam birma? lebih baik pelihara ayam hutan atau ayam ketawa buat klagenan.... atau cross birma keluar ayam tulangan tipis serta nanggung? keluar ayam turun2??? siap menerima serangan pukulan dari bangkok/saigon?

seperti yg diketahui secara umum, kekurangan  kelemahan ayam birma ada di tulang tipis, karena ini adalah ayam aduan, jgn berharap bahwa lawan tidak melepaskan pukulan dahsyatnya, karena tulang tipis, ayam tidak tahan menerima serangan lawan, traumatis.
tapi paling pas ya di coba sendiri, kata orang kan itu dari apa yg sudah mereka lakukan, kalo anda tidak mempercayai ya di coba sendiri, biar ga katanya katanya, dan siap dengan segeala resiko

Sama dgn ayam Bangkok BK, maen nya jg banyak macem, sama seperti bangkok, ada banyak macam model main bangkok,bangkok tidak selalu teknik ngalung, tidak selalu lock, tidak ada yg singkap bongkar,meluk, ambil dari belakang, begitu juga birma tidak selalu atret, ada banyak macamnya, toh yg di butuhkan cepat merobohkan dan meng KEOK kan lawan, betul tidak??? apapun caranya diluar sana banyak yang burma main turun turun.... bukan berarti setiap burma maen begitu gan....

Bukan berarti saya apriori atau merendahkan tidak suka burma, saya justru masih mempertahankan burma atau ayam birma di kandang karena saya memang punya alasan yang kuat, dan jangan beranggapan POKOKNYA BURMA/BIRMA DIJAMIN BAGUS....

selamat berburu......dan beternak menghasilkan ayam Juara,
(ini hanya catatan pribadi dari orang bawah nan kismin)
(sakali lagi, selera main ayam aduan seperti masakan, beda beda dan semua bilang masakan B paling enak..... yg lain masakan A paling enak sedunia, ini hanya versi saya aja, versi cak saparifarm.blogpsot.com)

6 komentar:

  1. burma ap itu burma klo tanding yg pnting krjanya bukan trahnya

    BalasHapus
  2. gmn ga dikasi gelar guru klo ulasannya sgt luar biasa spt ini......sukses sllu bt peternakannya&smoga kebanjiran orderan trus mas.....amin....salam kukuruyuk mas..

    BalasHapus
  3. tak tunggu kapan mo jual indukan lagi

    BalasHapus
  4. Mantabs Ulasannya....Tambah Sip Ae...Sukses Cak...Aku tak Menunggu Rilis Anakannya saja....semoga gak dimakan Tikus...wkwkwk
    Saljuku dari Sapari Farm, juga tewas....hik..hik..Salam gigit jari dari Ngawi...wkwkwk

    BalasHapus